Menu Berbuka Puasa Saat Diet yang Penting Diketahui

Menu Berbuka Puasa Saat Diet dibutuhkan orang yang menjalani puasa Ramadhan sambil berdiet. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa. Diet ketika puasa harus diatur sedemikian rupa agar badan sehat. Di saat puasa makan dan minum tersebut, tubuh mengalami banyak kekurangan energi dan cairan (dehidrasi). Untuk menghilangkan hal itu dan sebagai sarana pelampiasan atas rasa lapar selama sehari banyak orang yang makan makanan berlebih saat berbuka puasa. Hal itu tentunya berakibat buruk bagi kesehatan, terutama bagi anda yang mengalami kegemukan (obesitas), karena justru meningkatkan berat badan anda saat puasa. Jadi tak heran jika banyak orang yang berat badannya naik setelah usai melakukan puasa di Bulan Ramadhan.

Puasa tidak menghambat program diet. Anda tentunya menginginkan puasa berjalan lancar tanpa mengganggu program diet anda. Untuk itu harus mengatur program sahur dan buka.
Meski sahur dilakukan di pagi-pagi buta, bukan berarti Anda menyantap makanan asal jadi. Sebab, sahur ternyata jauh lebih penting ketimbang berbuka puasa. Tubuh Anda harus dibekali nutrisi yang cukup hingga saat berbuka. Bagi Anda yang menginginkan tubuh yang fit selama berpuasa, coba tip berikut ini:

1. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.

2. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.

3. Selama puasa, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula.

4. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, karena itu Anda akan cepat merasa lapar. Pilihlah manis alami, seperti gula aren atau madu.

5. Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan, Anda bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera. Misalnya roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, pasta dengan keju, brokoli rebus, dan ikan tuna. Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat.

6. Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

7. Sempurnakan sarapan sahur dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.
Untuk mengatasi perut buncit/kegemukan, ada baiknya kita memilih menu buka puasa untuk diet.Dengan memilih menu buka puasa untuk diet, anda akan terhindar dari meningkatnya berat badan seusai puasa. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet yang dapat anda lakukan.
Menu Buka Puasa Untuk Diet
Ada banyak sekali pilihan makanan yang dapat anda santap ketika berbuka, namun anda harus jeli memilihnya. Pilihlah makanan sehat yang dapat me-recovery stamina anda tanpa takut akan perut buncit. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet. 1. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Karbohidrat Kompleks dan Air Putih
Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Makanlah makanan berkarbohidrat komples dan kaya vitamin serta minumlah air putih banyak-banyak untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Misal, setelah minum air putih, makanlah kurma atau buah secukupnya, kemudian dilanjutkan dengan makanan berat setelah sholat maghrib. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah :
Kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam dan kedelai)
Buah (jeruk, pir, anggur dll)
Sayur (Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, kentang, ubi, kentang, wortel, bawang, segala jenis selada, seledri, ketimun, kubis, artichoke dan asparagus)
Biji-bijian (gandum dan beras merah)
Karbohidrat kompleks tidak menaikkan gula darah secara drastis seperti halnya Anda minum segelas teh manis.

2. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Rumput Laut
Rumput Laut
Rumput laut kaya dengan serat yang bagus untuk pencernaan dan mengurangi tumpukan racun dalam usus. Kandungan fitokimia di dalamnya membantu tubuh tetap sehat.
3. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Ikan
Ikan Tuna, Makarel dan Salmon
Ikan tuna, salmon, cod, hingga makarel memiliki BCAA yang tinggi dengan kandungan asam lemak omega 3. Zat ini bagus untuk memperbaiki fungsi otak hingga mengurangi lemak dan kolesterol dalam darah.

4. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Daging Sapi
Daging Sapi
Bagian daging sapi yang memiliki BCAA tinggi adalah topside atau round, yang terletak di paha belakang dekat pantat.